Homestay Bisnis Kreatif Menjanjikan

Kebutuhan akan tempat tinggal saat ini sangat tinggi. Bukan hanya tempat tinggal menetap tetapi tempat tinggal sementara atau Homestay. Homestay merupakan hunian mirip dengan rumah dan juga mirip dengan hotel, digunakan untuk tempat tinggal sementara. Banyak orang ketika berpergian atau berlibur lebih memilih untuk menggunakan jasa Home Stay untuk tempat tinggal sementara karena dirasa lebih murah dan efisien.

Jasa Homestay saat ini mulai menjamur di kota-kota besar dan kota destinasi wisata. Salah satunya adalah Homestay di kota Yogyakarta yang dimiliki oleh Sutopo dan temannya. Ide bisnis ini awalnya adalah dari mahalnya harga hotel di kota Yogyakarta. Kemudian Sutopo dan temannya melihat peluang ini dan memanfaatkan sebagai peluang bisnis. Awalnya mereka mencari rumah kosong kemudian melakukan negosiasi dengan pemilik rumah untuk mau menyewakan rumah tersebut ketika ada penyewa yang akan menyewa rumah tersebut dengan sistem bagi hasil.

Homestay Bisnis Kreatif Menjanjikan

Homestay sendiri saat in ibis menjadi salah satu pilihan murah untuk tempat menginap ketika akan berlibur. Ketika menyewa hotel berkisar perkamar Rp 200 – Rp 500 ribu tetapi hanya bisa digunakan oleh 2 -3 orang saja, tetapi dengan menyewa Homestay dengan harga sewa Rp 500 ribu – Rp 1 juta bisa digunakan secara beramai-ramai seperti rumah sendiri dan itu sangat menguntungkan untuk jumlah orang yang banyak.

Untuk Melakukan pemasaran Sutopo dan temanya melakukan pemasaran melalui media online berupa instagram, facebook dan juga membuat website booking sendiri. Peermintaan akan Homestay ketika bulan-bulan biasa mungkin tidak terlalu ramai, tetapi ketika menginjak bulan-bulan liburan permintaan akan Homestay akan meningkat tajam dan bahkan bisa over order dan harus mencari Homestay lain untuk bisa menampung permintaan tersebut.

Homestay Bisnis Kreatif Menjanjikan

Pendapatan yang dikantongi dari bisnis Homestay ini pun bisa dibilang sangat menguntungkan, Dalam kondisi normal, Sutopo dan temanya bisa mengantongi keuntungan dengan  omzet bisnis Rp. 30 juta sebulan, sedangkan di musim liburan dapat menembus 60 juta rupiah. Jumalh tersebut kemudian dibagi dengan beberapa karyawan dan pemilik rumah.

Saat ini bisnis Homestay sutopo dan kawanya dikelola oleh tim We Stay, sebuah perusahaan jasa yang bergerak dibidang management dan marketing penyewaan homestay / guesthouse harian – mingguan – bulanan yang berlokasi di daerah Yogyakarta dan sekitarnya, yang saat ini telah mengelola 19 homestay / guesthouse yang tersebar di beberapa titik strategis di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Kedepanya Sutopo dan Temanya berencana untuk semakin memperluas jaringan dan bisnis Homestay nya tersebut. Mereka akan mulai menyasar kota-kota besar di Indonesia yang merupakan kawasan tujuan wisata di Indonesia. Namun hal ini merupakan tantangan besar karena mereka harus bisa bersaing dengan hotel-hotel besar dan kecil yang sudah memiliki fasilitas baik dan lengkap.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s