Yohanes Chandra Ekajaya Belajar Adobe After Effects Dasar

Adobe After Effects merupakan piranti lunak pengolah motion grafis yang dikembangkan oleh Adobe, digunakan untuk film dan pos produksi pada video maupun iklan. Pada awalnya Adobe After Effects merupakan sebuah software produk dari Macromedia yang sekarang sudah diakuisisi oleh Adobe dan sekarang semua pengembangan dari piranti lunak ini dikuasai dan dikembangkan oleh Adobe secara keseluruhan.

Adobe After Effects yang merupakan piranti lunak pengolah motion grafis ini sangat ringan untuk dipelajari karena mudahnya cara pengoperasian dan tampilan yang sangat fleksibel karena dapat disesuaikan oleh pengguna piranti ini. Adobe After Effects juga merupakan piranti lunak yang sering digunakan oleh para animator dan editor video maupun film profesional untuk kebutuhan Motion Graphic Design. Dengan perpaduan dari bermacam-macam software Design yang telah ada, Adobe After Effects menjadi salah satu software Design yang handal dan sering digunakan. Standart Effects yang sangat banyak,sangat mendukung untuk mengubah dan menganimasikan objek. Disamping itu, membuat animasi dengan Adobe After Effects, juga bisa dilakukan dengan hanya mengetikkan beberapa kode script yang biasa disebut Expression untuk menghasil pergerakan yang lebih dinamis dan tidak kaku.

yohanes-chandra-ekajaya-belajar-adobe-after-effects-dasar

Dalam artikel ini Yohanes Chandra Ekajaya menjelaskan beberapa fitur penting dalam Adobe After Effects, misalnya Adobe After Effects memiliki tools untuk membuat Shape (seperti yang terdapat pada Adobe Photoshop). Pada Adobe After Effects terdapat Keyframe seperti yang terdapat pada Adobe Flash yang pengoperasiannya hampir sama. Terdapat juga Expression yang hampir mirip dengan Action Script pada Flash, dan masih banyak lagi yang lain.

yohanes-chandra-ekajaya-belajar-dasar

Yohanes Chandra Ekajaya mengenal adobe After Effect baru beberapa bulan yang lalu, dari sebuah buku yang mengulas tentang video editing. Memang nama after effect sudah saya dengar sebelumnya dari guru multimedia saya di sekolah. Tapi, saya kurang tertarik, karena waktu itu saya kira fungsinya sama saja dengan adobe premiere, powerdirector dan kawan-kawannya gitu.

yohanes-chandra-ekajaya-belajar

Ternyata setelah baca sana-sini dan googling di internet, saya baru tahu kalau after effect bukan sekedar untuk mengedit video, tapi lebih kepada pemberian efek visual dan animasi pada video agar lebih menarik dan terlihat bernyawa.

Biasanya, after effect ini digunakan untuk pembuatan iklan, bumper, dan pemberian efek pada video berdurasi pendek. Kita bisa lihat, di youtube banyak sekali video-video yang menggunakan after effect. Dan hasilnya sangat luar biasa, anda bisa membuat simulasi pada video seperti halnya film-film hollywood. Misalnya membuat rasengan pada kartun animasi Naruto , membuat efek pertarungan berdarah yg real, bumper film yang menakjubkan, dan lain-lain.

Kalau mau mengikuti dan bersaing dalam urusan animasi, saya sarankan untuk mulai mempelajari dan mencoba after effect dari sekarang. Kenapa? Ya, seperti saya sebutkan diatas, di film-film Holywood saja sudah banyak animator-animator dunia memilih after effect untuk program pengeditannya. Ini membuktikan bahwa adobe after effect sangat populer dikalangan animator.

 

Selain itu fasilitas di adobe after effect sangat banyak. Mulai dari pengaturan pergerakan, pencahayaan, kamera, objek 3d dan didukung oleh plugin yang sangat banyak. Untuk memulainya, kalian bisa meluangkan waktu beberapa jam untuk mengenal tool-tool dan area kerja adobe after effect. Setelah itu, cobalah untuk mendalaminya dengan melihat tutorial tentang pembuatan berbagai animasi agar lebih memahami fungsi-fungsi lainnya. Tutorialnya bisa anda lihat di youtube atau buku-buku tentang adobe After Effects. Jika sudah handal, dengan kreatifitas anda bisa membuat karya yang mengagumkan. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk menghasilkan uang

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s