homestay pengusaha yohanes chandra ekajaya

Yohanes Chandra Ekajaya Bagi Tips Bisnis Homestay

homestay pengusaha J Chandra Ekajaya & J Wijanarko

Wonosobo sebagai ikon wisata baru bagi wisatawan domestik dan mancanegara mempunyai banyak kreativitas dan inovasi yang ditawarkan. Salah satu yang menjadi tawarannya adalah homestay. Yohanes Chandra Ekajaya adalah satu pelopor yang memprakarsai bisnis ini di dataran tinggi Wonosobo. Secara geografis, kabupaten ini pun mempunyai banyak peluang dan kesempatan yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakatnya.

Menurut Yohanes Chandra Ekajaya, setelah bisnis kuliner, maka bisnis homestay merupakan bisnis yang paling dicari oleh para wisatawan. Sebab dengan membuka homestay, maka masyarakat yang mempunyai rumah di sekitar tempat wisata dapat mengembangkan rumah yang dimilikinya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Makanya bisnis ini disebut sebagai bisnis yang sangat menguntungkan setelah bisnis kuliner.

homestay pengusaha yohanes chandra ekajaya

Yohanes Chandra Ekajaya sebagai seorang pelopor pun akhirnya ingin berbagi mengenai tips atau saran untuk membuka usaha homestay. Menurutnya, jika lokasi homestay berada di tengah kota, maka setidaknya memiliki jangkauan atau radius sekitar 5 kilometer dari pusat kota. Untuk masalah teknis seperti lebar jalan bisa menyesuaikan, karena banyak wisatawan yang tidak terlalu mempersoalkan masalah tersebut, kecuali wisatawan domestik.

Kemudian kebersihan menjadi poin utama yang meningkatkan daya tarik para wisatawan. Menurut Yohanes Chandra Ekajaya ini adalah suatu cara untuk mengesankan bahwa lingkungan di sekitar homestay adalah lingkungan yang bersih dan kondusif. Selain itu mengenai jumlah kamar tidur akan lebih baik jika bisa lebih dari tiga buah, dengan luas masing-masing 4×3 meter persegi. Kamar mandi dalam akan menjadi nilai tambah, tetapi jika tidak ada pun juga tidak mengapa.

Tata ruang dan desain dari homestay sangat mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan ke homestay tersebut. Yohanes Chandra Ekajaya mengungkapkan bahwa wisatawan akan senang dengan desain dan tata ruang yang cenderung artsy. Karena setiap orang pasti suka seni dan keindahan.

Halaman yang luas dan hijau juga menjadi nilai plus menurut Yohanes Chandra Ekajaya. Karena dengan melihat pemandangan yang berwarna hijau, maka orang akan merasa lapang dan lega dengan segala macam keadaan. Itulah tips dan saran yang diberikan oleh pelopor bisnis homestay di kabupaten Wonosobo. Semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s