J Chandra Ekajaya & J Wijanarko

Pesona Kawah Ijen Yohanes Chandra Ekajaya

Dimasa sekarang tentunya sapa ngak kenal dengan kawah ijen yang terletak di daerah Banyuwangi Jawa Timur.Pada kesempatan kali ini Yohanes Chandra Ekajaya mengisi waktu luang disela-sela kesibukannya menjadi seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negri di Semarang untuk mengunjungi kawah ijen bersama teman-teman kampusnya.

pesona-kawah-ijen-yohanes-chandra-ekajaya

Bermodalkan tekan dan kemauan serta perbekalan yang cukup, Yohanes Chandra Ekajaya mengendari sepeda motor bersama beberapa teman-teman kampusnya dari Semarang menuju ke kawah ijen yang terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Ketertarikan Yohanes Chandra Ekajaya mengunjungi kawah ijen diantaranya sinar mentari pagi yang menyinari kawah memantulkan cahaya yang berkilauan hijau toska diatas permukaannya. Selain keindahan yang ditawarkan air yang berkilau di kawah, tak lupa harus tetap berhati-hati karena air tersebut memiliki volume air 200 juta meter kubik air dan memiliki suhu 200 drajat celcius. Sehinga para pengunjung pun dilarang mendekati ataupun bermain air di kawah ijen tersebut.

yohanes-chandra-kawah-ijen

Disebelah tenggara kawah terdapat hamparan luas solfatara yang tak henti-hentinya menyemburkan gas vulkanik dengan konsentrasi sulfur yang cukup sangat tinggi sehingga menimbulkan bau yang menyengat sangat tajam. Dibagian barat kawah terdapat bendungan hulu dari sungai Banyupait. Sebenarnya di bendungan tidak kalah menarik indahnya dengan yang lainnya, namun untuk mengunjunginya medan yang sulit dan cukup berbahaya membuat wisatawan engan untuk mencobanya.

yohanes-chandra-ekajaya-kawah-ijen

Dikesempatan dini hari, Yohanes Chandra Ekajaya bersama kawan-kawan tercengang meliat keindahan kawah ijen, dari cairan kawah belerang yang tak henti-hentinya mengalir menimbulkan pancaran api yang berwarna biru atau yang seringkali dikenal dengan istilah bluefire. Keindahan fenomena alam ini di Dunia hanya terdapat dua tempat 1 di kawah ijen Banyuwangi Jawa Timur Indonesia dan yang satunya lagi di Islandia. Untuk menikmati keindahan fenomena alam di kawah ijen para pengunjung rela menikmati dinginnya suhu udara gunung ijen dan mendakinya. Para pengunjung biasanya medaki pada pukul 02:00 WIB dini hari. Dinginnya suhu udara dan tingginya pendakian tidak berasa lelah karna para pengunjung terobati dengan sajian keindahan fenomena alam kawah ijen.

Diakhir perjalanan liburannya di kawah ijen, Yohanes Chandra Ekajaya tak lupa membeli souvenir khas yang terbuat dari belerang. Para penambang  membuat kerajinan yang berbahan dasar belerang hasiltambangan dibuat berbentuk menyerupai boneka dan tulisan-tulisan lucu yang bertemakan kawah ijen.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s